Rabu, 08 September 2010

Kerajaan-MU datanglah-04

Embrio Israel moderen – Kibbutz selayang pandang

Kibbutz, adalah sebuah kata Ibrani untuk “tempat tinggal bersama”. Merupakan komunitas yang unik dengan sebuah dedikasi untuk saling menguntungkan dan keadilan sosial; sebuah sistem sosial-ekonomi yang berdasarkan prinsip penggabungan kepemilikan pribadi, ke samaan hak dan ko-operasional dalam produksi, konsumsi dan pendidikan; memenuhi ide “dari masing-masing sesuai dengan kemampuannya, bagi masing-masing sesuai dengan kebutuhannya”; sebuah rumah bagi siapa yang memilihnya.
Kibbutz pertama didirikan sekitar 40 tahun sebelum pembentukan Negara Israel di tahun 1948. De gania (dari kata Ibrani “dagan”, berarti gandum), berlokasi di selatan danau Kinneret, didirikan pada tahun 1909 oleh sebuah kelompok perintis diatas tanah yang diperoleh dari Jewish National Fund. Para pendiri adalah perintis Yahudi yang masih muda usia, terutama berasal dari Eropa Timur, yang datang tidak hanya untuk menempati kembali tanah nenek moyang mereka, tetapi juga untuk menempa sebuah jalan hidup yang baru. Jalan yang mereka lewati tidaklah mudah; lingkungan yang asing, tidak berpengalaman pekerjaan fisik, kurang pengetahuan dalam bidang pertanian, tanah gersang yang terabaikan berabad-abad, sulitnya air dan dana yang sedikit merupakan kesulitan-kesulitan yang menghadang mereka. Di menangkan melalui banyak kerja keras, mereka berhasil mengembangkan komunitas-komunitas yang maju dengan pesat yang berperan sangat menonjol dalam pendirian dan pembangunan negara.  
Sekarang ini ada sekitar 270 kibbutzim (bentuk jamak dari kibbutz), dengan jumlah keanggotaan antara 40 sampai lebih dari 1000 orang, yang tersebar diseluruh negeri. Banyak diantaranya beranggota kan 300 sampai 400 orang dewasa dalam sebuah populasi 500-600. Kebanyakan kibbutzim merupakan salah satu dari tiga gerakan kibbutz nasional, yang teridentifikasi dari prinsip masing-masing.

Organisasi
Kebanyakan kibbutzim memiliki rancangan yang hampir sama. Area tempat tinggal dirancang secara teliti tergantung rumah-rumah anggota dan taman-taman, rumah anak-anak dan tempat bermain bagi setiap kelompok usia dan fasilitas bersama seperti ruang makan, auditorium, perpustakaan, kolam renang, lapangan tennis, klinik medis, penatu, toko dan lain-lain. Sebagian kehidupan dipakai untuk menggembalakan ternak dan peternakan ayam, sebagai salah satu atau bagian tanaman industri. Tanah pertanian, kebun buah-buahan, kolam-kolam perikanan diletakkan sebagai batas wilayah kerja. Untuk menjangkau satu tempat ke tempat lain dalam kibbutz, dapat dilakukan dengan jalan kaki atau bersepeda, kereta elektrik biasanya digunakan bagi orang-orang tua.
Kibbutz berfungsi sebagai sebuah demokrasi langsung. Seluruh anggotanya bersama-sama menentukan kebijakan, memilih pemimpin, mengatur anggaran dan menerima anggota baru. Tidak hanya berfungsi sebagai pengambil keputusan bagi seluruh tubuh, tetapi juga sebagai forum dimana setiap anggota dapat mengemukakan pendapat dan pandangannya
Tugas-tugas harian ditangani oleh komite terpilih, berkaitan dengan wilayah kerja seperti perumahan, pengaturan keuangan, perencanaan produksi, kesehatan dan budaya. Beberapa pejabat komite ini, bersama-sama dengan pimpinan kibbutz (sekretaris) membentuk eksekutif kibbutz. Posisi sekretaris disamping sebagai koordinator kerja dan pengumpul keuangan, juga sebagai pengatur, sepenuh waktu, sementara anggota komite lainnya mengerjakan tugas-tugas harian tambahan sesuai dengan bagiannya.

Menjadikan padang gurun berbuah lebat.
Bagi para pendiri, mengerjakan tanah nenek moyang dan mengubah penduduk kota menjadi petani adalah sebuah ideologi, bukan sekedar sebuah jalan untuk mengusahakan sebuah hubungan kehidupan. Setelah bertahun-tahun, para petani kibbutz berhasil membuat tanah gersang menjadi produktif, dengan ladang-ladang pertanian, kebun buah-buahan, peternakan ayam, pemerahan susu dan perikanan serta banyak industri agro-organik lainnya.
Melalui kombinasi kerja keras dan pengembangan metode pertanian, Israel menjadi penghasil terbesar dari produk agro yang diperhitungkan dunia pada saat ini.
Tidak dapat disangkal, sejalan dengan perkembangannya, aktifitas kibbutzim sekarang ini mencakup banyak bidang industri, tetapi sebagian besar dari mereka masih tetap pertanian.
Meskipun produk-produk industri meliputi banyak hal, dari mode pakaian sampai sistem irigasi, tetapi sebagian besar industri kibbutz dititik beratkan pada tiga cabang utama : pengerjaan besi, plastik dan proses makanan. Kebanyakan fasilitas industri yang tersedia tidak begitu banyak, dengan pekerja kurang dari 100 orang.  
Diberbagai bidang, kibbutzim telah menyatukan sumber-sumber mereka, mendirikan perusahaan-perusahaan regional seperti mesin pemecah biji kapas dan pabrik-pabrik pengepakan unggas, dan juga mengadakan pelayanan secara menyeluruh dari kompilasi data komputer sampai kerja sama perdagangan dan pemasaran. Kontribusi kibbutzim kepada produk negara, baik dalam bidang pertanian ( 33 % dari tanah pertanian ) maupun dalam bidang industri ( 6,3 %  dari barang-barang industri ) adalah jauh lebih besar daripada saham populasi mereka ( 2.5 % ). Dalam tahun-tahun terakhir, penambahan jumlah kibbutzim telah dipusatkan menjadi obyek pariwisata, dengan fasilitas rekreasi seperti rumah bagi para tamu, kolam renang, mengendarai kuda, lapangan tennis, museum, peternakan hewan eksotik dan ta man air untuk orang Israel dan para turis juga.
Karena populasi Israel semakin bertambah dan berkembang pusat-pusat kota, sedangkan kibbutzim sendiri sebenarnya didirikan didaerah pinggiran kota, sehubungan dengan hal ini maka banyak dari mereka sekarang menawarkan berbagai macam layanan kepada masyarakat seperti misalnya layanan laundry, catering, toko-toko, dan perawatan anak, termasuk kemah musim panas.

Etika kerja
Para anggota dipekerjakan dalam jangka waktu yang bervariasi, sementara fungsi-fungsi yang yang rutin seperti tugas dapur dan ruang makan dilaksanakan secara bergilir. Setiap cabang ekonomi dipimpin oleh seorang admistrator terpilih yang diganti setiap 2-3 tahun sekali. Seorang koordinator ekonomi harus bertanggung jawab untuk mengatur seluruh cabang pekerjaan, melaksanakan produksi serta merencanakan investasi.
Walaupun management berkembang secara professional, kibbutzim terus mengadopsi berbagai metode administrasi dan organisasi untuk mengadaptasi struktur ekonomi mereka sesuai dengan kebutuhan zaman tanpa meninggalkan pola tanggung jawab bersama dan kesetaraan dalam pekerjaan.
Para wanita memperoleh hak yang sama dalam pekerjaan. Kibbutz terbuka untuk mereka dalam semua bidang pekerjaan yang ada di kibbutz. Akan tetapi berbeda dengan para wanita kibbutz dua generasi terdahulu yang mencoba “membuktikan” kesetaraan mereka dengan melakukan pekerjaan pria, saat ini mayoritas wanita enggan terlibat dalam bidang pertanian dan industri, mereka lebih menyukai pekerjaan dalam bidang pendidikan, kesehatan dan bidang layanan lainnya. Sementara itu anggota lama menerima penempatan kerja yang sesuaI dengan kesehatan dan stamina mereka.


Jemaat mula-mula
Kibbutz
Tubuh Kristus
persembahan di kaki rasul-rasul
penggabungan milik pribadi
dikumpulkan pada 
rumah perbendaharaan
sesuai dengan kebutuhan
sesuai dengan kebutuhan
sesuai dengan               kadarnya
kebersamaan
Kooperasional
satu tubuh, satu Roh
satu tujuan
satu tujuan
satu tujuan
tantangan sistem agamawi
tantangan alam dan keahlian
tantangan rohani dan sistem duniawi
pemimpin dipilih 
dan diuji oleh seluruh anggota (Didache)
pemimpin 
dipilih seluruh anggota
demokrasi langsung
Kristus 
sebagai pemimpin,
dipilih seluruh anggota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar